PENGADILAN AGAMA CIKARANG

seluk beluk dunia peradilan

MASING-MASING LINGKUNGAN PERADILAN IKUTI RAPAT KOMISI

8/10/2009

PALEMBANG-HUMAS. Hari kedua Rakernas MA, peserta rapat kerja nasional dibagi menjadi 4 (empat) komisi teknis peradilan dan 2 (dua) komisi non teknis. Pembagian komisi teknis ini sesuai dengan lingkungan peradilan di bawah MA. Lingkungan Peradilan Umum bergabung di Komisi I, Peradilan Agama di Komisi II, Peradilan Militer di Komisi III dan Peradilan TUN di Komisi IV. Sedangkan dua komisi non teknis, masing-masing adalah komisi SUS/DUK dan Komisi pembinaan bidang administrasi.

Sesuai tema rakernas, rapat komisi yang diagendakan akan berlangsung hingga Jumat (9/10) pukul 11.00 ini menjadi ajang elaborasi pemikiran untuk mencapai kesamaan persepsi di dalam penerapan hukum.

Dalam pelaksanaan sidang komisi ini, Komisi I dan III bergabung dalam satu forum yang diikuti oleh para Hakim Agung, Pejabat Eselon I dan II, Hakim Adhoc Tipikor, Hakim Adhoc PHI, Para Askor (dari lingkungan peradilan umum dan militer), KPT, WKPT, Pansek PT, Ka Dilmiltama, Wa KA Dilmiltama, Ka Dilmilti, Waka Dimilti, dan Katera Dilmilti/Dilmiltama. Agenda utama dalam sidang Komisi I dan II ini adalah pemaparan Tuada Pidana Umum dan Tuada Pidana Khusus serta sejumlah hakim agung dari kedua lingkungan tersebut.

Khusus untuk Komisi I, dibagi menjadi Komisi I.A dan I.B. Komisi I.A membidangi pembahasaan persoalan teknis Pidana Umum dan Pidana Khusus. Sedangkan Komisi I.B membidangi pembahasan persoalan teknis Perdata Umum dan Perdata Khusus.

Komisi II yang diikuti oleh Hakim Agung dari lingkungan peradilan agama, pejabat eselon I dan II Ditjen Badilag, para KPTA dan WKPTA, Panmud dan Askor Uldilag bersama-sama mengkaji masalah seputar teknis judisial. Di Komisi II ini Tuada Uldilag bersama dengan sejumlah Hakim Agung dari lingkungan peradilan agama memaparkan makalah tentang persoalan teknis peradilan agama yang muncul belakangan.

Sementara itu, di Komisi IV Tuada Uldiltun memaparkan persoalan teknis yustisial di lingkungan Peradilan TUN bersama para hakim agung dari lingkungan TUN, Pejabat Eselon II Dilmiltun, KPT TUN, WKPT TUN, Askor Uldiltun dan Pansek PT TUN.

Hasil rumusan dari sidang komisi ini rencananua akan dibawa ke pleno komisi yang dijadwalkan Jum’at (9/10). (tim liputan rakern

9 Oktober 2009 - Posted by | berita hukum

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: